Senin, 13 Juni 2016

ALUR PEMBELIAN




Alur Pembelian

Berikut adalah alur – alur dalam pembelian Rubber Chock (Ganjal Pesawat)
a.    Pencarian supplier
Pencarian supplier biasanya dari media elektronik atau rekan bisnis, disini akan diambil contoh supplier Rubber chock kualitas terbaik dengan harga terjangkau, supplier tersebut adalah TARA RUBBER yang berlokasi di LTC (Lindeteves Trade Centre) Jakarta barat.
b.      Permintaan Contoh Barang dan Harga
Sebelum memesan barang pemesan menghubungi pihak customer service untuk memberikan contoh – contoh produk dan harganya. Dari supplier akan mengirimkan via email ataupun fax berbagai macam barang beserta harganya.
c.       Pemesanan
Setelah cocok dengan produk dan harga yang ditawarkan, pemesan akan menerbitkan surat pemesanan atau Purchase Order (PO) kepada supplier.
d.      Proses Penerimaan Order
Supplier- Customer Service menerima PO, kemudian dilanjutkan ke bagian Gudang untuk mengecek stock barang. Bagian Gudang telah mengkonfirmasi barang tersedia, bagian customer service pun mengkonfirmasi ke pemesan dan meminta pembayaran PO sebelum barang dikirim.
e.       Pembayaran
Pemesan membayar PO tersebut dan mengirimkan ke Supplier, setelah menerima bukti pembayaran CS akan mengkonfirmasi bukti bayar tersebut ke bagian Accounting untuk di cek, setelah bagian accounting cek dan sudah sesuai dengan pemesana maka, pihak accounting akan mengeluarkan Faktur Penjualan dan menyerahkannya ke bagian CS dan Gudang.
f.       Konfirmasi Ulang
Setelah clear semua persyaratan maka Cs akan mengkonfirmasi ulang untuk pesanan yang sudah dipesan untuk memastikan lagi dan memberikan informasi untuk pengiriman barang via Agen pengiriman Panca Cobra dengan biaya Rp 118.000,- dibayar di tempat penerimaan serta memeberikan estimasi barang datang ke tempat tujuan pengiriman.
g.      Pengiriman
Setelah dikonfirmasi dan pemesan sudah setuju, CS menghubungi bagian gudang untuk menyiapkan barang tersebut, bagian gudang akan segera pack barang tersebut dan menyerahkan ke bagian pengiriman beserta surat jalan dan faktur penjualan. Kemudian mengkonfirmasi No resi pengirimanke bagian CS dan Acc.
h.      Penerimaan Barang
Pemesan telah menerima barang dan membayar ongkos kirim, cek ulang barang yang dipesan sudah sesuai daan kemudian konfirmasi ke supplier jika barang sudah diterima.



Berikut Chart sistem pembelian Rubber Chock












 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar